How to Work with Land Desktop – Tutorial Menghitung Volume Site

Finally, inilah yang ditunggu-tunggu. kelanjutan Tutorial LD yang khusus membahas gimana caranya Menghitung Volume Site. Maaf rekan sekalian, karena memang saya kesulitan mendapatkan data asli lapangan untuk perhitungan volume, maka untuk keperluan tutorial kali ini saya gunakan data Lesson-17 dari tutorial bawaan LD 2005. Mudah-mudahan ngga njelimet dan bisa diikuti.

Oke, jadi perhitungan Volume dengan LD ada tiga metode yaitu: Metode Grid Volume, Metode Composites Volume dan Metode Sections Volume. Karena saya anggap metode pertama adalah yang paling mudah, maka saya hanya akan membahas metode tersebut.

Menghitung Volume Site

Menggunakan Land Desktop, Volume Site bisa dihitung dengan logika yang disebut oleh LD sebagai “Stratum”. Stratum adalah ruang yang dibatasi oleh surface asli di lapangan dan surface final yang direncanakan. Volume yang diperoleh nantinya merupakan selisih dari Volume Surface Asli dengan Volume Surface rencana. Hasilnya bisa berupa Cut maupun Fill.

Untuk keperluan tutorial ini saya akan mengadaptasi Tutorial dari LD 2005 pada Lesson 17: Calculating site Volumes. Selamat mengikuti.

1.       Buka Autodesk Land Desktop

2.       Pada menu File, klik, Open untuk menampilkan box dialog Open Drawing: Project Based dialog Box

Lokasi default untuk folder yang berisi file project ini adalah c:\Land Projects 2005.

3.       Dari list Project Name, pilih TUTORIAL1, lalu dari list Select Project Drawing, pilih Lesson-17.dwg, kemudian klik OK.

4.       Pada menu Projects, klik Menu Palettes untuk menampilkan box dialog Menu Palette Manager.

5.       Pada list Menu, pilih Land Desktop 2005, kemudian klik Load.

Mendefinisikan Stratum dan Site

1.       Pada menu Terrain, klik Select Current Stratum untuk menampilkan dialog box Define Stratum

2.       Ketik Stratum1 pada Name dan EG and FS Surfaces untuk Description

3.       Klik Select for Surface 1 untuk menampilkan dialog box Select Surface, pilih EG kemudian klik OK untuk kembali ke dialog box Define Stratum.

4.       Klik Select for Surface 2 untuk menapilkan dialog box Select surface, pilih FG kemudian klik OK untuk kembali ke dialog box Define Stratum

5.       Pastikan bahwa Surface 1 adalah eg dan surface 2 adalah fg lalu kemudian klik OK untuk melanjutkan.

Prosedur dibawah adalah untuk mengubah setting volume site

6.       Pada menu Terrain klik Site Definition –> Site Settings untuk menampilkan dialog box Volume Site Settings

7. Pada isian Volume Labelling masukkan m3 untuk Suffix lalu klik OK

Gunakan prosedur dibawah untuk mendefinisikan site dalam 2m x 2m grid dan terotasi 20 derajat.

8.       Pada menu Terrain klik Site Definition –> Define Site

9.       Masukkan 20 degrees untuk Rotation Angle

10.   Ketik .P (dot P) untuk menggunakan filter point, dan keludian ketik 1 untuk Site Base Point.

11.   Masukkan 2 m untuk Grid M size dan tekan ENTER untuk menerima default lainnya

12.   Ketik  .P (dot P) lagi untuk mendisable penggunaan point filter, dan kemudian gunakan Endpoint OSNAP untuk memilih sisi pojok kanan atas dari polyline site definition.

13.   Tekan ENTER untuk menerima default. Lalu ketik No untuk menghapus the old site outline.

14.   Ketikkan Site1 untuk nama Site nya.

Menghitung Volume Grid

Dalam bagian ini anda akan menghitung volume dengan metode grid volume. Gimana caranya? Grid volume bekerja dengan melakukan superimpose grid di kedua permukaan pada stratum, mengukur sendiri elevasi grid pada intersection dan kemudian mengetahui beda tingginya.

1.       Pada menu Terrain, klik Grid Volume –> Calculate Total Site Volume untuk menampilkan dialog box Site Librarian

2.       Dari list Select Site, pilih Site1 dan klik OK untuk menampilkan dialog box Grid Volume Settings

3.       Terima saja semua defaultnya dengan mengklik OK untuk menampilkan dialog box Volume Results Surface

4.       Ketik G1-Site1 untuk New Surface kemudian klik OK

Hasil kalkulasi dengan menggunakan metode Grid Volume ditampilkan pada command line, dengan cut volume 3,376 m3, dan fill volume 20.380 m3 dan net volume adalah 17,004 m3 fill.

5.       Pada menu View, klik Named Views untuk menampilkan dialog box View. Dibawah Name, pilih 2, klik Set Current kemudian klik OK

6.       Klik ikon Layers pada toolbar untuk menampilkan Layer Properties Manager. Turn on (nyalakan) display layer Fg-srf-bdr untuk menampilkan polyline batas permukaan FG dan klik OK untuk menutup Layer Properties Manager.

7.       Pada menu Terrain, klik Set Current Surface untuk menampilkan dialog box Select Surface dan pilih Volume Surface. Pilih G1-Site1 dan list surface kemudian klik OK.

8.       Pada menu Terrain klik Surface Display –> Quick View.

Gambar dibawah adalah ilustrasi quick view dari permukaan grid volume. Area diantara batas permukaan fg dan kelebihan permukaan grid volume tidak dimasukkan dalam perhitungan volume.

quick view of grid volume surface

quick view of grid volume surface

74 responses to “How to Work with Land Desktop – Tutorial Menghitung Volume Site

  1. mas ada gak tutorial cross section dengan LDD

  2. ma kasih mas.. tutornya sangat berharga sekali. apalagi saya belum pernah loh baca buku tutorial LD ini. sekalian nih mas mo nanya… pembuatan profil memanjang , melintang dari data-data pengukuran secara otomatis di LD bisa gak?? kalo bisa, kasih tutornya dong..
    Sukses terus ..!!!!

  3. Wuihh baru tahu disini ada tutorial yang baguss, bisa dipake referensi neeh,
    Makasih ya

  4. thanks mas, atas tutor2nya,tadinya ada yg mau ditanyakan, tapi sudah terangkum di para responden, jadi siap menyimak dan menunggu. Tks..

  5. hehe…
    mas kalao tutor nya jadiin satu gimana, trus di sediain bwt download.
    thanks

  6. makasih bgt mas..tp bs ngga langsung buat cross n long sectionnya??

  7. salam kenal ya mas

    mas, da da gak tutorial-a tuk buat cross n long section-a. bis tu itung volume cut n fill-a.

    tahanks,

  8. Bang Hen, mau tanya: bagaimana jika saya mau menghitung volume sebuah timbunan , surface 1 : adalah data topo/kontur (sudah terbentuk surface-nya) its ok!, kemudian utk surface 2 : bagaimana membuat surface ke 2 –> dari sebuah batas lahan berupa segi empat misalnya / polyline ( lokasi timbunan) tadi??
    saya pelajari tutorial Pa Hendri di atas, itu hanya untuk menghitung volume yang terbentuk dari 2 surface EG dan FG. ..
    terima kasih, saya tunggu jawabannya…

  9. salam kenal,
    Pa’ Hendri, saya baru memakai progrm LD2007, saat install LD s/d finish tdk ada masalah,
    tapi setiap saya jalankan LD muncul dilog box :
    Error opening point group database
    c:\Land Project2007\latian1\Cogo\Groups.mdb
    Unrecognized database format ‘c:\Land Project2007\latian1\Cogo\Groups.mdb’.
    dan hnya ada tombol OK.
    untuk membuka gambar program jalan normal, hny saja saat saya save/open file atau create surface muncul dialog box spt diatas…
    saya sudah coba uninstall program sampai ke 4x tetap aja masih muncul?
    apakah hal ini bukan suatu kesalahan atau
    trima kasih..

    • @ hans
      ‘latian1′ itu nama project ya pak? coba bikin project dengan nama lain, biar masuknya nanti ke folder baru. Munculnya peringatan pas bapak coba create surface tu mungkin karena LD mencoba untuk memanggil data yang ngga sengaja udah kehapus, jadi peringatan error keluar terus.

      semoga ngga error lagi… :D

  10. atau… memang hal tsb adalah normal pd LD? atau ada langkah2 lain yang harus disetting dulu stlh instalasi selesai?
    demikian, terima kasih..

  11. dari pengalaman mas sndri, da g program y nyediain fasilitas langsung untuk keperluan menghitung cut n fill-a, cross-a, bahkan kontur-a sekaligus.

    thank’s

  12. Salam kenal , thanks buat tutorialnya nya.. bagus banget…
    tanya: 1) pada saat hendak menghitung Volume grid, menu terrain klik –>Grid volume a calculate total site volume tidak muncul dialog box Site Librarian, melainkan : “Current stratum: stratum1Error – Unable to load strata surface.” pd command list ??
    2) utk menghitung vol, multiple surface harus on dulu khan?
    3) Bgmn membuat surface FG dari Empat coordinat saja?

    trims

  13. sekadar berbagi untuk temen2 yang btuh artikel survey silahkan ke http://www.4shared.com ketik survey & pemetaan.

    mas hendri. boleh dong di kirim kan tutorial land desktop untuk perencanaan perumahan. ke febrinoviansyah@yahoo.com

    thanks. moga rezekinya tambah lancar

  14. mas hendri,apakah sama cara pemakaian LD 2005 dengan LD 2009.ma.. kasih mas

  15. saya tertarik banget mengenai software autoland deskstop. oh ya ada ga software kalau bisa bisa untuk mengcopy programnya. Saya sangat sulit untuk mencari software di kalsel.kalau bisa beritau informasinya…..sekaligus toturial

  16. thank for u tutoriol
    tapi saya ada sedikit problem dengan land desktop , pada saat kita membuat cross section kita tidak menampilkan titik existing yang ada data yang muncul adalah sesuai dengan offset atau jarak yang kita tentukan , padahal kita membutuhkan koordinat existingny thanks kalau bisa dibantu tolong di email ya

    • @jameehonk
      Menu untuk itu memang ngga ada pak. cross section adalah gambaran profil tampak samping, bukan tampak atas, yang pembacaannya akan rancu jika koordinat tercantumkan pula pada cross section. soalnya di cross section kita ngga bisa membedakan bahwa itu adalah section dari suatu garis lurus, kurva atau poligon (dimana dX dan dY nya ngga berurut teratur). jadi maklum jika koordinat ngga ditampilkan disana kecuali dengan proses manual.

  17. Pak ,Hendri mahon tanya nih?,apakah bisa kita memodifikasi gambar cuntur yang udah jadi,bagaimana caranya?,mohon penjelasan,tks.

  18. buat info saja,,software CIVILCAD 6 (www.civilcad.com.au) itu yang saya tau lebih praktis,ada program menghitung cut n fill,membuat kontur,cross dan long sect, langsung di plot hasil dan diperoleh report hasil hitungan. bahkan bisa juga export dan import data langsung dari alat surveynya.

  19. Mas bisa ga kita menghitung cut & fill tanpa bantuan kontur, atau data dari kontur tersebut tidak detail. apakah ada pengaruhnya terhadap volume tersebut?

  20. bagaimana menginstal land desktop pada autocad 2004?

    • @Febrizal rusli
      Land dekstop dan autocad itu beda pak, instalasinya terpisah. maksudnya Land Desktop bukan merupakan bagian dari AutoCad. biasanya di CD LD yang bapak punya sudah ada file executable (format EXE) yang tinggal bapak double klik. nanti dia nginstal sendiri. selamat nyoba.. :)

  21. mas,kalo untuk tutorial LD yang lengkap ada gak?kalo ada dimana saya bisa dapatkan..makaseh mas

  22. surya budiman saputra

    met kenal nih…. saya pgn belajar land desktop maklum lah rasa tertarik saya dan kesukaan saya di dunia grafis khususnya Teknik Sipil… jd mohon di bantu ya… itung – itung bagi ilmu deh… eh kl ada saya dikirimkan tutorial dlm bahasa indonesia versi 2004… tp versi lain jg boleh… thank’s ya….

  23. saya sangat ingin sekali belajar autocad land desktop… bs kirim softwarenya ga mas… coba cari2 di internet tp ga dapet… tolong bgt ya mas..Trimakasih…

  24. Yth. Pa hendri
    Walaupun saya bekerja di transportasi namun sy tertarik Program LD. di transportasi saya mempergunakan program biasanya sy harus tahu sistem yg ada dlm program. misalnya in /output terpisah direktorinya dgn file program , ada jg program yg apabila dirun harus 1 direktori dgn programnya, bisa jg file program di Dir C sedangkan in/output bisa di run pada direktori D. kl untuk LD bagaimana ?

  25. Walaupun saya bekerja di transportasi namun sy tertarik Program LD. di transportasi saya mempergunakan program biasanya sy harus tahu sistem yg ada dlm program. misalnya in /output terpisah direktorinya dgn file program , ada jg program yg apabila dirun harus 1 direktori dgn programnya, bisa jg file program di Dir C sedangkan in/output bisa di run pada direktori D. kl untuk LD bagaimana ?

  26. @Putri Marihani
    LD ngga seribet itu koq. anda tinggal membuat project baru, nanti LD yang akan menyimpankan semua data dan file anda serta direktori pada tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. yang terpisah dari file program.

    tampak muka LD persis autocad. saya sarankan untuk menginstall software ini di komputer anda, karena untuk membantu perencanaan jalan, software ini sangat mumpuni.

  27. wah mas kok main langsung jadi aja nich konturnya? hehe…. ajarin donk klo kontur yang kita buat? harus diapakan dulu sebelum di hitung volumenya? ane dah selesai sampai potongan memanjang dan melintang nich?
    mohon bantuannya?

    • @Hasan
      Tutorial Bikin kontur ada disini. Terus untuk hitung voume di tutorial ini metodenya bukan bikin cross section dulu. Coba ikutin dari awal. Kalo dari cross mau dicari volume, itungannya manual aja. Untuk galian dan timbunan per STA, Rumusnya kira2 gini : ((Luas Cross1+Luas cross2)/2)*(Jarak antar cross).

  28. yth, pak Hendri, salam kenal pak,
    saya Anthoni, saya dah beberapa kali ikutin tutorial bapak ini, ada yg mau saya tanyakan semoga bapak bisa membantu saya untuk mnjawabnya, saya kerja dengan LAD 2008, saya udah bikin alignement, sudah bikin label STA n Tikungannya, kemudian saya munculkan long section, yg uncul hanya garis EG (existing Ground)nya saja, gimana caranya saya bisa mendefine garis rencana saya di section itu sebagai garis FG (Final Ground) sekalian dengan elevasinya, mohon bantuannya pak Hendri, Terima kasih banyak sebelumnya pak

    • @Anthoni
      Untuk membuat vertical alignment memang ngga bisa langsung pak di LD, biasanya setelah long sectionnya jadi, kita membuat vertical alignment sendiri, manual, mengoverlay long section tersebut. temasuk juga saat membuat vertical curvenya.

  29. Sy bljar ALD sj otodidak ya tidak juga…..tp udh bisa pe Cross, Sircle,S-F-Sx dr gmbr Trase…dr dta GPS k ALD……dlux sblm ALD sy manual dr dta GPS… x,y sy masukin k Excel…trus d skalakan k AUTOCAD untk d bntuk gmbr Jln……untk ALD hit. vol. Luasan & M3 dr Cross section sy jg manual..Area dr STA..mis..STA. 00+050 – STA. 00+100 ..ambl rata2 d bagi 50 jrak sta….! sy rsa bgusx klu ALD kta msukin data dr A.GIS dgn PETA trbaru…dr pda kita pke alt GPS biasa yg akurasi x dan y gk bgus…gmn mau koordinat manual pke GPS mis..dgn lbr jln 3 m pnjang mis..2 klm…..SO PASTI ADA PADA GMBAR ALD KAN BAXK POINT2 MANUAL TAMBAHAN UNTUK MEMPERCANTIK KONTUR..ATW TRASE…HAHAHAAA iya gk??????????…..klu sy bgusxNich ambil koordinat as jlan..skali d kiri knan bolehlah..hihiii..cri gmpang…..Udah…bis itu olah data ke ALD dan A-GIS…dua2 Hasil itu d gabungkan…LEBIH AKURAT CS…………….MAU LBH AKURAT LGI…ke BMG dtax kn dri Satelit lngsung……….Joint data di situ..ResBe…Gimna BOZ Hendry???Sorry kta2x pleset..Biz lngsung Ketik..gk xri2 referensi lg….tp BOZ ud ngerti TO maksud Y…….

  30. piECE..I’ FROM PAPUA….udh prnah TANYA-BAHAS (Guru Besar d slah satu kampus) kataxsich para pakar Design Jalan dari surabaya dan bandung ,,,,hehee Kaget mereka…Hei Emnk kira Kita2 disini pada gk Tahu Gituan?? di Tanya Program sja Versi mreka Klamaan dr Versi Kita Punya….,,,,Akhirx Pekerjaan yg seharusx dikerjakan ma mereka..kita2 jg kerjain…yah Lebih pengalaman mrekasih…..btw…Bisa kita tahu benerx demikian adanya…….Ziip sekian sj Pace Hendri……..Laannjuuuttt,,,

    • @dolbhy
      Saya kira juga begitu. Siapapun, dimanapun, kalo memang orangnya mampu dan mau terus belajar pasti bisa jadi seorang pakar. Di bidang apapun. termasuk desain jalan. Yang penting adalah untuk selalu tunjukkan karya-karya yang selalu terbaik. :D piss ah.

  31. salam kenal Mas!, saya baru mau belajar Land Desktop nih

  32. mas, minta tolong bikinkan cara pembuatan penampang dengan multy surface,karena saya udah bikin multy surface tapi penampangnya tidak keluar, tolong postkan mas caranya.thank

  33. Slam Jumpa pak Hendry, saya Nathoni mau naya lagi pak, saya sudah coba menghitung volume site yg bapa ajarkan pakai leason 17 bawaan Land dan berhasil, yg saya mau tanyakan kenapa waktu saya coba hitung dengan cara yg sama di site kerja saya kog nggak bisa? padahal data ukur saya sudah benar semua dan full profil dari site saya juga sudah jadi, mohon penjelasannya pak, apakah ada langkah2 sebelum melakukan langkah2 yg bapak ajarkan itu semisal mendefinisikan site atau barangkali template saya terlebih dahulu pak, terima kasih atas penjelsannya pak.

  34. Mas Hendri,mau nanya lagi mas,,data tutorial Land desktop 2005 gak da di LD 2009 ya mas?trus saya gak pnya LD 2005 kira2 bisa diunduh dimana ya?biar blajarnya gak mandeg,he.trima kasih

  35. Mas Hendri
    salam kenal Mas…saya baru belajar land deskop 2006, yang menjadi masalah saya membuat trase jalan secara manual dgn menggunakan poly line, mas saya minta tolong bisa minta tutorial membuat trase jalan secara otomatis….tolong di email ke alamat saya berdeus_karompo@yahoo.co.id
    maaf mas sdh merepotkan..he…Terima Kasih mas. Tuhan Memberkati……

  36. eko sunariyanto

    mas hendri saya bingung untuk belajar cara membuat curva,saya pakai ald 2006 mas bisa bantuin ndak?trims.

  37. saya mau beli cd LDD 2006 or 2009, berpapa harganya? saya punya LDD 2004 tapi g bisa di install,selalu error. trus LDD 2006 bisa di install tapi civil designnya ga muncul padahal dah diinstall.
    mohon bantuannya.
    saya domisili di samarinda kaltim.

  38. pak hendry..
    terima kursus ga utk LDD 2007 / 2009 ga..
    atau bisa kasih referensi di mana pt kursus nya ..
    matur suwun.

  39. makasih mas ..
    tutorialnya amat berguna :D..

  40. I’m not savvy enough to predict all of the ramifications but I do perceive it would be bad. I’m not sure what I’d move my investments to in all your scenario.As for the purpose of tanking your current economy for the purpose of political gain, I want they’d go ahead as well as do it (that definitely is, worse than they already now have). turbine pro beats!

  41. Pak Hendri,
    bagaimana menghitung volume pekerjaan? Dari existing ground ke finish ground? Kalau ada caranya, tolong di-share di sini juga, Pak…
    Tx,

  42. Pak Hendri
    mau tanya soal kontur, biasanya kontur minor dan major
    d LHD 2007 kontur major g ada, kenapa ya
    tolong d jelaskan ya.
    terimakasih sebelumnya pak hendri.

  43. saya menggunakan ald 2006,utk kontour oke.saya masih bingung dengan cara menghitung volume cut and fill,tolong dijelaskan lebih mendalam .Trim’s

  44. semangat pagi mas.
    mo nanya nh,,,,saya biki grid for section dgn verical scal vecto 10, dan elevation increment 10..
    setelah jd,,saya ukur jarak antar gridnya ko jd 100 jaraknya mas,,bukan 10…itu emang bener atau gmana mas.
    mohon pencerahannya,
    makasih sebelumnya mas.

  45. @fajar
    coba dicek grid scalenya, kadang defaultnya 10. artinya 10 dikali 10 lagi jadi 100. jadikan scale itu 1 saja.

  46. Muhamad Nurcahyo

    pak, blh minta software LDD sama tutorialnya?????
    kalo bisa tolong kirim ke email muhamad_nurcahyo@yahoo.com
    saya baru belajar pak………
    TERIMA KASIH

  47. waktu saya install ldd program minta .net apa maksudnya pak hendri???
    apakah degn autocad 2008 bisa install ldd/civil 3d yang lebih baru contoh civil 3d 2012?? tolong dijawab pak hendri,, terimakasih,, salam kenal

    yoyo sipil jaya

  48. @yoyo
    microsoft .net framework. coba search di google dan download dari situsnya microsoft.
    autocad 2008 dan LD atau civil 3D 2012 misalnya, adalah program yang berbeda, jadi gak masalah jika anda instal sekaligus.

  49. mohon petunjuk mas….. cara untuk mengetahui nilai rata-rata contour

  50. Pak, bisa kah autocad civil 3d untuk menghitung volume cut n fill…tolong tutorialnya pak kalo bisa.

    fiv3_br0th3r@yahoo.co.id

    Terimakasih.

  51. numpang bertanya pak Hendri, bagaimana jika kita hanya punya satu data surface berupa bukit, dan kita ingin menghitung volume bukit tersebut, masalahnya kita gak punya data surface 2 untuk mendefinisakan stratum? apakah ada metode lain?
    Terima Kasih

  52. salam kenal mas hendri…

    saya mau tanya nih… ada ga ya versi software LDD yang udah compatible dengan windows 8,… kl ada mohon saya kirim softwarenya dong mas ke email saya krn versi LDD 2004 pny saya ga bisa Running up di windows 8… sebelumya terima kasih….hehehe

    chandeekaa@yahoo.com

  53. Dear Mas Hendri

    saya mau nanya, kalo misal kita dapet projek perhitungan volume sungai dari data batimetri di autocad gimana ya gan, setau saya autocad bisa hitung volume cut and fill, namun untuk hitung volume saja ane belum tau gan, Jadi ini projek bukan cut and fill an mainnya karena ini mau dibuat pipa dasar sungai, nah untuk itu kita perlu tau keaadaan sungai itu termasuk volumenya..
    Best Regard

  54. @aldika
    volume air sederhana bisa dikira2 dengan menghitung lebar sungai, kedalaman dan kelandaian sungai hasil batrimetri. Atau apakah yang diinginkan adalah debit air?

  55. salam kenal kak hendri
    mau tanya,cara meng update/combine surface terbaru antara surface original lama dengan original yg baru pada menu terrain model explorer bagaimana yah?terimakasih.mohon sarannya.

  56. @frida
    kalo ngga salah harus rebuild kontur lagi dengan memasukkan data yang baru, baik itu berupa point maupun surface.

  57. fathur romdloni

    mau tanya gan, saya menghitung volume dengan metoda grid sering gak bisa, akhirnya pakai komposit saja. masalahnya ingin menampilkan grid volume tick jadi gak bisa. apa yang salah ya dalam pembuatan surface? boundary sudah sama. tolong pencerahannya gan..

  58. pak boleh minta alamat emalinya ngga pak ? saya pengen nanya nanya nih, udh ngikutin tutor dri bapak tapi ada yang bingungg

Leave a Reply

