geodetic engineer

*pada saat yang bersamaan, lampu di sebalah ruangan mati satu per satu*

sempat berkelebat saja di dalam benak gw tadi siang saat sedang mengerjakan desain curve, bahwa ‘hey, gw ne sekarang adalah geodetic engineer!’

Sering ada yang bertanya, apa sih geodetic engineer? geodesi?

humm,, kalaw saya ditanya orang, saya jawab dengan antusias, begini, geodesi itu adalah ilmu yang luar biasa kawan! awalnya kita mempelajari bumi, jengkal per jengkal, meter per meter, lalu kita kemudian pelajari ukuran2 yang berlaku di permukaannya lokal maupun global, menghitung gaya berat yang berlaku diatasnya, mempelajari orbit bumi, meperhatikan gerak matahari untuk memperoleh arah utara sejati (true north), lalu kita belajar membuat peta baik 2D maupun 3D, dengan berbagai cara pula!

tau citra satelit? yang dipakai untuk recovery aceh? yang dipakai pula untuk memantau titik api pas kejadian kebakaran hutan di kalimantan? di belakang itu ada orang geodesi yang mengorbitkan satelitnya ke ketinggian 22000 km diatas muka bumi, menge-zoom area yang akan diambil gambarnya, mengolah datanya yang kompleks, lalu menyajikannya ke seluruh dunia!

tau google earth? tau gimana caranya membentuk tampilan 3D pegunungan Himalaya? dan indahnya lekukan2 jurang sedalam 5-6 km di grand canyon? tu cuma di geodesi lhoh yang mempelajarinya. salahsatu cara simpelnya adalah dengan sistem pertampalan citra atau foro udara. istilah kerennya fotogrammetri.

pernah denger bahwa kerak Bumi itu bergerak beberapa sentimeter setiap tahunnya? yang kemudian menyebabkan gempa di berbagai belahan dunia? pengetahuan itu diperoleh setelah adanya teknologi GPS Geodetic yang mempu mengolah data dengan sangat akurat dan dengan baseline (jarak antar receiver) yang cukup jauh, sehingga perbedaan tadi bisa di monitor setiap saat. ini orang Geodesi juga lho yang pelajari..

well yah, geodesi kini juga kemudian telah berevolusi ke arah digital dengan maraknya pemanfaatan Geographic Information system di bermacam aplikasi bisnis.  dan seterusnya.. agak panjang kalau cuma dibahas di satu postingan.

simpelnya gini deh : menjadi seorang geodetic engineer adalah luar biasa. luar biasa!

One response to “geodetic engineer

  1. Perfect Mas,
    Doain ya Biar saya juga bisa ngikutin jejak mas sebagai geodetic engineer..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s