Tanah Air Indonesia Dalam Konteks Spasial

Salah satu subjek yang tiga bulan terakhir saya pelajari di Melbourne adalah mengenai infrastruktur data spasial. Sebuah konsep hebat yang terdiri dari policy, network, data, standards dan people dalam sebuah kesatuan. Dengan satu tujuan: decision making based on spatial data. Australia sendiri sudah lama mengimplementasikan konsep ini. Baik dalam skala regional (ANZLIC), federal (OSP, AGIMO) maupun di lingkup state (land Victoria misalnya).

Di akhir masa perkuliahan semester pertama ini, saya sadar bahwa saya terlalu sibuk hanya melihat dan membahas SDI di Australia. Dan lupa mengecek sejauh mana perkembangan dunia spasial di Indonesia.  Dalam rangka update informasi tentang instansi, saya dikejutkan dengan tampilan baru website BPN RI. Tampilannya segar, interaktif, dan sangat user friendly. Really not bad!

Ternyata pula, kejutannya tidak berhenti disitu. Salahsatu link di halaman bawah website BPN adalah link berjudul Geospasial untuk Negeri. Hey, apakah ini yang saya cari: infrastruktur data spasial  Indonesia? Segera saya klik link Geospasial untuk negeri tersebut. Image

Link tersebut ternyata membahwa saya ke tanahair.indonesia.go.id. Portal ini didedikasikan oleh Badan Informasi Geospasial untuk menyajikan spasial data Indonesia. Platform yang digunakan adalah online web mapping ArcGIS. Data-data yang tersedia lumayan banyak dan bisa didownload. Sayangnya penjelajahan singkat di portal tersebut berujung kepada beberapa missing link.

Image

Belum sempat saya menjelaskan satu persatu dalemannya. mungkin lain kali akan saya post di blog ini. Situs tanahair.indonesia.go.id merupakan awal yang baik sebagai representasi infrastruktur data spasial nasional Indonesia. Diperlukan sedikit usaha lagi untuk membangun platform sendiri dan menyediakan dedicated technical team bersama dengan sumber daya manusia dan set peraturan yang menjadi supportnya. Cita2 membangun masyarakat melek spasial sangat memerlukan SDI. Mari kita bangun bersama.

4 responses to “Tanah Air Indonesia Dalam Konteks Spasial

  1. we e e.. ternyata masih aktif to blog nya…
    terakhir saya kesini karena liat tulisan soal Autocad LD

  2. @maipura
    Jarang mampir juga sih, sempet pengen nulis aja kmaren,🙂 piye kabare jel?

  3. kabare sae mas…🙂
    saya juga ini gak sengaja lagi mampir kemari, karena ingat ada tulisan soal LD dulu.. he
    pengen liat lagi… ee ada update baru ternyata…

  4. berarti ilmu dari aussienya bisa dong diterapkan pada bumi nusantara..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s