How to Work With Land Desktop – Tutorial-singkat-padat-jelas

How to work with Land Desktop

Tutorial Autodesk Land Desktop

Software yang mudah digunain dan cukup familiar untuk pekerjaan surveying saat ini adalah Autodesk Land Desktop. Konon hingga sekarang, versi terakhir yang sudah dirilis adalah Land Desktop 2009. dengan tampilan Dumptruck kuning yang ngejreng di layar login-nya, versi terbaru LD ini memakan space di harddisk kita sekira 2 GigaByte. Gak masalah untuk mesin yang sudah make Harddisk kapasitas besar. Tapi jika dirasa terlalu berat karena kapasitas HD udah mepet, versi 2007, 2005 dan 2004 nya LD masih cukup mumpuni untuk membantu kerjaan kita koq. :)

Meski ada beberapa fitur tambahan di LD 2009 yang juga cukup signifikan dan gak ditemui di versi sebelumnya, tema yang akan dibahas berikut adalah starting general yang bakal ditemui dalam semua versi LD, so jangan khawatir. :D

Nah, berikut adalah sedikit tutorial for beginners tentang gimana caranya menggunakan Land Desktop. Dari awal step by step. Semoga bermangpaat.

Syarat utama untuk bisa bekerja dengan Land Desktop adalah bahwa gambar dan desain (file gambar) anda harus dihubungan dengan sebuah Project. Project merupakan sebuah media penyimpanan untuk gambar yang terhubungkan dengan data, yang didalamnya dapat termasuk, data point, surface, alignment, dan hasil pengamatan survey. Data project tidak disimpan didalam gambar akan tetapi terpisah dalam folder system anda. Untuk dapat memulai ikuti langkah-langkah berikut.

1. Aktifkan Autocad Land Desktop jika anda belum mengaktifkanya.

2. Pada menu Project klik Menu Palletes untuk menampilkan kotak dialog Menu Pallete Manager.

3. Dari daftar menu pilih Land Desktop dan klik Load.

Membuat sebuah Gambar dan Project

Setelah anda mengaktifkan sofware maka langkah pertama untuk sebuah gambar dan project baru untuk menyimpan data-data yang terhubung adalah:

1. Dari menu File klik New untuk menampilkan kotak dialog New Drawing: Project Based.

2. Masukkan Latihan_1 untuk Name.

3. Pada bagian Project and Drawing Location pastikan daftar Project Path menampilkan C:\Latihan_LDD (Sebelumnya buatlah folder dengan nama Latihan LDD di drive C) lalu klik Create Project untuk menampilkan kotak dialog Project Detail.

4. Pada bagian Initial Setting for New Drawing, dari daftar Prototype pilihlah Default (Meters).

5. Pada bagian Project Information, masukkan Project_1 untuk Name.

6. Masukkan Project Untuk Belajar LDD untuk Description dan Training untuk Keyword.

7. Pada bagian Drawing Path for this Project, pastikan folder Project “DWG” Folder yang ada didalam Project telah terpilih.

8. Klik OK untuk kembali kotak dialog New Drawing: Project Based.

9. Pada bagian Select Drawing Template, dari dafar Template pilih acad.dwt.

10. Pada bagian Project and Drawing Location, pastikan daftar Project Name menampilkan Project_1 dan daftar Drawing Path menampilkan Latihan LDD\ Project_1\dwg\.

11. Klik OK untuk membuat gambar baru dan Project, sekarang anda sudah memiliki sebuah Project.

Melakukan Setting pada Point Database

Menentukan parameter untuk memformat point datebase.

1. Seperti yang ditampilkan dalam kotak dialog Create Point Database, pastikan Point Description Field Size adalah 32 karakter. Ada tambahan field dalam point database untuk point name, yang menyimpan alphanumerik point number atau nama point yang unique yang mungkin digunakan yang saling dapat mengubah dalam banyak perintah point. Field dari point number untuk point database tetap merupakan primery field dimana point disimpan dan di group.

2. Pilih kotak cek Use Point Names, dan pastikan Point Names Field Size adalah 16 karakter.

3. Klik OK untuk melanjutkan.

Melakukan Setting pada Gambar Baru

Menentukan parameter untuk gambar baru.

1. Seperti yang ditampilkan dalam kotak dialog Load Settings pastikan Path-nya adalah C:\Program Files\Land Desktop 2004\Data\setup\

2. Pada bagian Drawing Setup Profile, dari daftar Profile Name, pilih m500.set (Metric,1:500).

3. Klik Next untuk menampilkan kotak dialog Units dan sesuaikan setting units-nya.

4. Klik Next untuk menampilkan kotak dialog Scale dan sesuaikan skalanya. Skala gambar horisontal mempunyai hubungan dengan blok jika anda melakukan insert blok dan ukuran dari text secara otomatis akan disesuaikan. Skala gambar vertikal hanya melakukan kontrol terhadap profile dan cross section yang dibuat dengan Autodesk Civil Design.

5. Klik Next untuk menampilkan kotak dialog Zone.

6. Kita akan mencoba dengan melakukan pilihan yang disediakan secara default oleh software, dari daftar Categories pilih UTM, NAD83 Datum, dan dari daftar koordinat system pilihl UTM with NAD 83 Datum, Zone 11,Meter; Central Meridian 117d W. (ini adalah zona indonesia bagian barat)

7. Klik Next untuk menampilkan kotak dialog Orientation dan sesuaikan seting orientasinya.

8. Klik Next untuk menampilkan kotak dialog Text Style dari daftar Set Style Name pilih mleroy.stp, dan klik load untuk memanggil text style mleroy.

9. Dari daftar Select Current Style, pilih L100.

10. Klik Next untuk menampilkan kotak dialog Border.

11. Pada bagian Border Selection pilih Scaled Block dan pada bagian Custom Block Section klik Browse untuk menampilkan kotak dialog Select a Custom Blok.

12. Dari daftar pilih pm_841x594.dwg, lalu klik Open untuk kembali ke kotak dialog Border.

13. Klik Next untuk menampilkan kotak dialog Save Settings. Jika setup yang sudah anda lakukan ingin anda gunakan secara terus menerus maka masukkan/isi nama profile dan simpanlah.

14. Klik Finish untuk menyelesaikan proses setup dari gambar.

15. Jendela Finish akan ditampilkan yang memuat tentang seting yang sudah anda lakukan, Klik OK untuk menyelesaikan.

Setup gambar sekarang sudah selesai anda lakukan dengan parameter yang benar.

Selesai. dengan demikian anda sudah bisa membuat gambar baru di project baru.

Tambahan: Melihat Struktur dari Project Direktori

Untuk melihat struktur dari direktori Project gunakan Window Explorer

_ Buka Window Explorer dan arahkan pada folder C:\Latihan_LDD

_ Expand folder Project_1 untuk menampilkan bagian bagian lain dari folder yang menyimpan beberapa macam data project.

Seluruh dara terkandung dalam folder cogo, termasuk file Microsoft database (.mdb) untuk point group, description keys, dan user difined data references.

Folder DWG memuat file gambar yang terhubung dengan project dan file (.dfm)

Folder Survey memuat data/file mentah yang didownload dati data colector, seperti filed book, database observasi, perataan poligon. Forlder ini akan kosong sampai dengan anda mengisinya dengan data tersebut.

Folder tambahan akan dibuat secara otomatis jika anda menggunakan Autodesk Land Desktop untuk bekerja dengan surface (dtm), alignment (aling), parcel (lots), dan volume (cd).

Folder tambahan akan dibuat secara otomatis jika anda menggunakan Autodesk Civil Design untuk bekerja dengan bekerja dengan pipe (pipewks), hydrology (hd), dan sheet manager (cd).

Hendry Wibowo – Land Desktop Tutorial

alertpay.com

About these ads

248 responses to “How to Work With Land Desktop – Tutorial-singkat-padat-jelas

  1. Salam,

    Mass Punya tutorial lengkapnya? atau link-nya ?
    Makasih…

  2. Salam Kenal Mas Hendri,

    Saya Henrry Juga, baru mengenal AutoCAD land Desktop, mau tanya nih, klo mengimpor data yg telah diambil melalui digital teodolit bagaimana ya ? (saya pakai Topcon GTS225), kemudian apakah polygon kontur akan langsung terbentuk berdasarkan elevasinya… atau kalau boleh saya di infokan link tutorial AutoCAd Land yg berbahasa indonesia..Trim’s

  3. Sejauh ini saya masih belum menemukan Tutorial LD lengkap dalam bahasa Indonesia mas.. maaf. dalam waktu dekat saya akan segera melengkapi Tutorial LD di blog saya.

  4. mas, aku juga mau dong tutorialnya LD dlam bahasa indonesia, aku perlu buat ngitung volume tanah cut & fill………abis konsultanku lama banget outputnya, jadi gak sabaran penegn ngitung sendiri aja

    bunch of thanks

  5. fren, tau ngak gimana keluarkan existing cross section pada saat disain jika kita menggunakan land desktop dengan program tambahan civil design , contohnya waktu kita potong pada sta 0 ada 5 titik , dan kita ingin menampilkannya thanks

  6. Salam Kenal Mas Hendri,

    Aku baru belajar AutoCad LD ni, punya tutorial yang lengkap nggak mas. Kalo ada n boleh, bisa dikirimin g ?

  7. salam kenal Bang Hendri

    Tolong dong kalau ada buku tutorial LDD kita sangat minat nih !!! terus kalau dalam bentuk pdf. bisa e-mail kealamat saya : oke_sam@yahoo.co.id

  8. @ James

    Terrain –> Section –> Define section
    Lalu select kelima titik yang dimaksud, trus definisikan datum dan properties lainnya setelah selesai kemudian klik
    Terrain –> Section –> process section kemudian Import Section

    Klik sembarang di layar anda dan masukkan properties vertical scale dan lainnya

    Cross section yang anda maksud akan muncul di tempat anda mengklik di layar anda tadi.

    @ Nariasta n Eko Pujiyono
    Saya kirim beberapa data tutorial dasar ke alamat email anda.

  9. @ hennry

    kontur hanya akan bisa dibentuk dengan proses lanjutan setelah mengimpor poin dari TS dengan menggunakan perintah Build Contour pada menu Terrain

  10. manusia yang baru mau belajar autocad land(LDD) mhon info mengenai tutorial Autocad Land Dev.

  11. siapa yang ada tutorial LD tolong email ke saya dung,

  12. @ferry natahara

    beberapa tutorial singkat mengenai AutoCAD Land Desktop versi 2005 silahkan anda ikuti disini. Sebetulnya Land Desktop sudah memiliki bawaan Tutorial yang bisa anda temukan di menu Help nya. anda bisa belajar dari situ juga. Terimakasih.

  13. hallo bang hendri….
    salam kenal mas…punya tutorialnya civil design ga untuk menghitung volume cut and fill..sorry mas..ga sopan baru pertama kali ngunjungi situs ini langsung minta-minta….kalau ada kirim aja ke emailku ya…
    makasih banyak mas….

  14. @jerry

    salam kenal jg mas jerry. wah mas, bahasan kita masih belum sampe kesitu. tunggu aja deh, insya Allah di situs ini nanti saya bahasin civil design juga, ok? thxs for coming :)

  15. bg hendri lam kenal,
    aku pake ld06 n udah bisa kelarin sampe data existg, aku pengen ngelanjutin sampe penghitungan volume, gimana ya? tolong bantuin donk…………

  16. mau tanya, kalau untuk pekerjaan jalan raya apakah autocad LD lebih berfungsi dibandingkan softwer yang lain.mohon dikirim kembali tutorial LD versi Indonesia

  17. kalau dari alat tidak bisa jadi contur, harus di proses dulu pakoai program landevlopen,surfus & civil cad, bila bpk membutuhkan alat total station kami merentalkan alat theodolit segala merk hub dan menerima pekerjaan Survei,HP.08121101370 tq

  18. Henra Borahima Syam Al-Khabir

    Salam Kenal,
    Mas Hen!
    Kami dari Mahasiswa Teknik 45 Makassar
    Sebelumnya kami ucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1429 H! Mohon Maaf Lahir Dan Batin!
    Kami pengunjung baru di situs Mas!
    mau tanya Mas!
    apa Mas punya tutorial perencanaan Trace geometrik dan stake out jalan atau Jaringan irigasi ?
    menggunakan AUTODESK LAND DESKTOP 2007!
    format nya dalam bentuk pdf, word, html?
    Minta Tolong Mas?
    Kalo Bisa
    di copy kan

  19. salam kenal
    saya baru belajar LDD,
    bisa minta tolong kirimkan tutorial LDD, dalam format pdf ke alamat email saya

    yohanes@madhani.co.id

    trims

  20. @ Zulham Effendi

    Saya sedang memproses tutorial untuk perhitungan volume di blog ini. tunggu saja :)

    @ Ferry Natahara

    menurut saya pribadi mas, LD cukup memungkinkan untuk pembuatan desain track seperti jalan raya maupun jalan kereta api. Anda bisa mempergunakan fungsi Alignment dan Curve disana, dua fungsi yang sangat krusial dalam desain track.

    @ Henra Borahima Syam Al-Khabir

    Halo juga mas Henra, sejauh sepengetahuan saya belum ada tutorial yang dimaksud tersebut. Kalaupun ada, sifatnya terpisah, geometrik sendiri, Land Desktop untuk jalan pun sendiri. Namun saya tertarik untuk membuatkan tutorialnya untuk anda di posting-posting selanjutnya :D

    @ yohanes sam surya

    Tutorial singkat LDD yang saya buat di blog saya belum di PDF kan, silakan mengikutinya disini.

  21. met idul fitri bang,
    kapan ya kelar tutor perhitungan volumenya?
    tolong donk……………………

  22. @ Zulham effendi
    Posting saya pada tanggal 18 Oktober 2008, mengenai perhitungan volume adalah khusus buat anda. selamat mengikuti.. :)

  23. Mas hendri
    Ingin tanya saya punya masalah dalam import point. Record import udah ada dan kalo dilihat dalam list point akan muncul tetapi gambar point tidak ada ( tidak seperti biasanya ). tetapi bila kita buat conture akan terlihat gambar conturenya. sebelum import memang ada info bahwa error opening data base point desckey database. Apa kira-kira yang harus saya lakukan

    Terimakasih atas bantuannya

    wiyana

  24. @Wiyana

    Mungkin bapak harus kembali mengecek susunan point yang anda import ke LD terutama di bagian description. jika masalah masih terulang, coba cek sejumlah error yang dijelaskan pada Help menu.

  25. assalamu alaikum.
    salam kenal dari saya.
    lansung saja,begini mas.saya ingin menghitung volome balian timbunan dipekerjaan jalan raya.bagaimana prosesnya di dalam LD.
    terimakasih.
    di Email yah mas.
    andri_j2nq@yahoo.co.id

  26. Muchlis Bakkarng

    Bisa kasi tahu gak mas cara menghung cut & fill di LD, kalo ada rincian step by stepnya, Thanks.

  27. @ Andri & Muchlis Bakkrng

    Menghitung volume Galian dan timbunan menggunakan LD sudah saya jelaskan pada tutorial ‘Menghitung Volume” silakan di cek lagi.

    secara umum prosesnya adalah anda mengkompilasi dua surface menjadi sebuah stratum yaitu : surface awal hasil pemetaan topografi dan surface rencana. dan untuk proses perhitungannya sendiri terdapat tiga macam metode perhitungan Volume yaitu: Grid Volume, Composite Volume, dan Section Volume, ketiga metode ini bisa digunakan di LD dari Menu Terrain

  28. Mas Henri, saya pengen tau cara membuat cross section, please saya dikirimin dong file tutorialnya seperti yang dikirimin ke pak james. atas bantuannya terima kasih, saya butuh untuk menghitung galian timbunan di kerjaan saya

  29. Mas Henri, saya pengen tau cara membuat cross section, please saya dikirimin dong file tutorialnya seperti yang dikirimin ke pak james. atas bantuannya terima kasih, saya butuh untuk menghitung galian timbunan di kerjaan saya
    alamat email : agung_Suparjono@yahoo.com

  30. Mas Hen, thanks banget tutorialnya.. baru pertama kali make Autocad LD bengong ga tau mau pencet apa.. begitu lihat tutorial Mas Hen langsung nyambung. Hahaha..

    Semoga makin lengkap tutorialnya..

    Regards

  31. Mas Hen, thanks dibuatnya Blog ini…
    aku mo tanya nih.. aku pengguna baru LD, pengen tau membuat design jalan..
    kontur EG sudah terbentuk,long section berikut PVI nya juga sudah, tapi pd saat mau membuat cross section lengkap dgn FG (design)nya kelihatan, langkah apa yang musti saya buat?
    apakah Profile/ Horizontal alignmentnya harus dibuat surface dulu? bagaimana caranya?…saya sudah coba create point pada horzntl alignment (POINT->CREATE POINT-ALIGMENTS->STATION/OFFSET tapi tidak pernah berhasil terbentuk point.. (maksudnya utk saya buat surface nantinya)
    Mohon bantuannya…
    kalo ada tutorial2 yang lainnya minta tlg di email ke ance.johar@yahoo.com
    terima kasih..
    Salam

  32. mas mau nanya nii….
    awalnya saya dapat kontur dari pengkitan DEM dengan proses di arc gis trus saya import di acad.
    nah ternyata contur itu ga ada nilai elevasinya, saya coba di LDD gagal trus.
    gimana caranya ya mas..
    thanks

  33. mas mau nanya nii….
    awalnya saya dapat kontur dari bangkitan DEM dengan proses di arc gis trus saya import di acad.
    nah ternyata contur itu ga ada nilai elevasinya, saya coba di LDD gagal trus.
    gimana caranya ya mas..
    thanks

  34. mas kalo mbangkitin kontur dari DEM gimana, trus punya contoh file DEM gak??
    thanks

    • humm.. Kalo dari ArcGis data yang di import ke Land Desktop itu berbentuk 2D bukan 3D. jadi kontur yang terimport ngga ada nilai elevasinya. Dan sejauh yang saya tahu, di LD ngga ada cara cepatnya untuk mengenerate garis kontur importan tadi untuk bisa langsung jadi kontur yang punya nilai elevasi. anda harus punya database dulu sebelum bisa membuat surface di LD dan database itu biasanya berupa Point.

      ehm.. Saran saya, anda buat layer baru dengan nama ‘Points’, jadiin layer ini sebagai default layer lalu lakukan hal berikut:
      1. (ini setelah kontur dari ArcGisnya terimport lho ya) pilih Menu Points –> Create Points –> Polyline/Contour Vertices – Automatic
      2. Pilih salah satu garis kontur, diklik dimana aja terserah
      3. Kemudian anda diminta mengisi ‘Description‘. Ketik elevasi si kontur tersebut, misal elevasinya 225, ketik ‘225’
      4. Maka akan terbentuk sebuah titik dengan elevasi 225 di awal garis tersebut. Dan pointer akan bergerak ke titik selanjutnya.
      5. Karena anda tadi memilih ‘Automatic’, maka jika anda mengklik Enter, pointer akan otomatis bergerak ke titik selanjutnya dan selanjutnya di garis kontur yang anda pilih tadi. Tekanlah Enter beberapa kali sampai pointer bergerak ke titik terakhir di garis kontur. Dengan demikian akan terbentuk titik-titik di sepanjang garis kontur tersebut, tentunya dengan elevasi yang sama. Sesuai dengan elevasi yang anda ketikkan barusan.
      5. Lakukan hal yang sama untuk garis-garis kontur yang lain, sehingga di setiap garis punya titik-titiknya masing2 dengan elevasi masing2 pula

      nah, setelah selesai menitiki semua garis kontur, anda akan mempunyai sekumpulan points yang bisa dijadikan database pembuatan surface/kontur. dimana semua titik tersebut ada X, Y dan Elevasinya. Proses selanjutnya adalah : ‘Create Contour

      Semoga bermanfaat

  35. Sebelumnya ma kasih banyak atas tutorialnya yang singkat, padat, dan jelas, dibanding tutorial LD sendiri :). mo nanya lagi bisa gak ngirim tutorial untuk pembuatan cross section, long sectionnya. pada menu civil design sy gak bisa masukkan data ke create profile. terus juga ada Sampling apa tu mas?? oh iya kalo berkenan kirim ke email bataragoroe@gmail.com maksih sebelumnya dan salam kenal…

  36. mas hendri……..
    jgn bosan ya ngejawab pertanyaan kami yg mo belajar ini.
    mas, untk jalan raya kt kan mendesgn dari long section, sy udah bisa mendesign dari long section, trus data design tiap station mo kita pindahin ke cross biar bisa dihitung volume nya gimana ya ……??????

    • @ Zulhan Effendi

      Maaf, telat banget balesnya. Biasanya untuk menghitung volume secara lebih detil per Station saya menggunakan AutoCAD pak. Jadi disitu keliatan Ground level dan tinggi timbunan yang diminta, sekaligus bentuk desain timbunan atau galiannya.

      Data long section dari LD dijadikan referensi elevasinya, baik ground levelnya maupun desain long sectionnya.

  37. hayun supangkat

    hlo bang hendri ………..?
    klo….d LD bsa membuat titik koordinat seperti arc view….tda…..?

  38. hayun supangkat

    hlo bang hendri…….?

    sya mu nanya klo d LD bsa membuat gari s koordinat scara otomatis……..seperti d arc view g…….terimakasih…………….?

  39. hayun supangkat

    ya mksud sya titik koor dinat,,,,,,gmna caranya tolong ksih tau saya makasih………

    • misal anda punya dua titik, A dan B. titik A koordinatnya di 22300, 3200 dan titik B koordinatnya di 22000, 3000. ok? Ikuti langkah berikut:
      Di Command Line, ketik L, lalu enter
      ketik 22300,3200 lalu enter
      ketik 22000,3000 lalu enter
      lalu enter sekali lagi.
      maka akan terbentuk garis antara dua titik. garis tersebut menghubungkan titik A dan B dalam koordinat yang dimaksud di atas. ok?

  40. hayun supangkat

    ok terima kasih..mas….

  41. salam, sy sedang belajar LDT 2009, tapi untuk tool bar civil desin-nya tidak selengkap pada LDT 2004, atau ada yg salah dg LDT2009 saya?, tq

  42. Mas Hen, tanya lagi nih…
    saya ada data contur “topo.dwg” saya buka di LD, kemudian saya mau buat surface, karna titik2 point tidak ada, saya buat surface dari contur data tadi. pada saat saya build-surface –> data out of date?
    sehingga saya mau buat cross tidak bisa..
    mohon bantuannya…. trims..

    • @ Ance johar
      Iya mas, itu terjadi karena LD ngga bisa mendefinisikan garis kontur sebagai entitas pembentuk kontur.
      Solusinya didigitalisasi aja garis2 kontur yang ada itu biar ada titiknya. gunakan menu Create Point –> Polyline/Contour Automatic

  43. salam kenal mas hendri,..

    gini, saya termasuk baru ingin mengenal autocad LD, saya kesulitan mendefinisikan alignment.
    begitu saya membuka file existing suatu file contur, saya ingin mendapat data long dan cross sectionnya.
    muncul “there are no alignment define”.
    makasih sebelumnya.

    • @ Bams
      Jadi mas musti definisiin dulu di bagian mana di kontur tersebut yang mau diambil Long maupun Cross nya.
      gimana caranya? bikin aja Line atau Polyline diatas kontur yang ada. dan jadiin garis itu sebagai garis Long ataupun cross. klik menu Alignment –> Set Current Alignment

  44. aku survey yang sdh bisa land desktop, tapi ngak ada kerja(ngangur), mohon bantuan bila ada yang perlu quantity survey.

  45. Met kenal nih….
    sy dah lama pake LD, tapi saya belum pernah mencoba perintah yang menggunakan Database.
    katanya lebih simpel, mohon bantuannya. bage mana cara kerjanya……?
    Trima Kasih……

  46. aris eko cahyanto

    Mas,, Minta tolong kirimkan ke email arisec_gto@yahoo.co.id tutorial LDnya tks

  47. land desktop 2007,apakah bisa digunakan di windosw vista ?.tk

  48. pak,tolong kirimin saya keygen LD 2008 dong,karena cd aku tak ada keygen nya.tks

  49. Mas Hendri wibowo salam kenal sebelumnya,Mas saya ingin belajar tentang LD terutama mengenai countour ,profile memanjang dan cut and file..gimana apakah Mas bisa membantu saya benar2 membutuhkan ilmu itu untuk menunjang pekerjaan saya sebagai surveyor.mohon jalan keluarnya.terima kasih banyak Mas..
    Salam,
    Yoga

    • @Yoga
      Selain disini,masih banyak juga tutorial mengenai Land Surveying seperti yang mas inginkan di internet. salahsatunya adalah di http://www.4shared.com yang dikasih sama om Deprozol.. banyak2 aja cari bahan2 tersebut dan sering2lah mencoba. kalo ada sesuatu yang ngga jelas bisa ditanyain disini. mungkin saya atau temen2 yang lain bisa menjawab. Semoga sukses mas!

  50. Terima kasih infonya pak,tak cobanya dulu

  51. Ass. Mas Hendriwibowo saya sdh mendapatkan materi Tutorial LD. Metode meng aktifkan LD,Mengimport point, Membuat kontur,dan Menghitung volume site. tetapi masih kekurangan materi, kalau boleh tolong kirimkan beberapa materi/tutorial yang lebih lengkap ke email saya. Terima kasih atas bantuanya.

  52. salam kenal buat semua pengunjung blog ini dan terutama buat mas hendri wibowo mas klo punya tutorial bisa kirimin ke email saya karena saya masih fresh graduate dan klo memang harus beli ada rekomend toko yang nge jualnya tdk…saya berdomisili di daerah jakpus karena sekarang saya sangat membutuhkan ilmu tersebut mas …atas saran..dan bantuannya saya ucapkan terima kasih

  53. Pak Hen, Kalau boleh saya mengajukan Bapak untuk training LD di kantor kami bagaimana? kantor kami berlokasi di jakarta selatan, ada rekan2 kebetulan belum mendalami LD juga, kalau bisa, mohon di balas ke email saya berapa biaya dan kapan waktu nya, diluar jam kerja /hari sabtu minggu juga boleh diajukan.

    terima kasih
    Salam
    Ance JOHAR

  54. saya ingin belajar LD.
    dan saya sangat awan dengan nya, mencari tutorial yang mudah di pahami agak susah. buku2 juga sulit dicari,
    menu2 LD jauh beda dgn AutoCad tapi perintah2 AutoCad masuk semua,,,
    emm mas Hendri Wibowo punya tutorial dasar LD nggak,,?boleh minta dunk mas…”makasih”

  55. Salman Farisi

    pak hendri wibowo,
    saya salman mahasiswa teknik sipil tingkat 3. saya ada tugas mendesain jalan raya. saya sudah ada gambar kontur nya namun dibuat di autocad. apakah gambar tersebut bisa langsung diubah menjadi kontur? mohon penjelasannya. bila ada tutorial dasarnya tolong di kirim ke email saya:
    hal_jordan_of_earth@yahoo.co.id
    selain itu bagaimana cara membuat alignment vertikal eksisting dan alignment vertikal jalannya. terima kasih

  56. Salam kenal,
    Saya sudah mengimport points dari EXCEL atau NOTEPAD yang didapat dari hasil survey. Dari points tersebut, saya tidak tahu cara membuat polyline. Kemudian bagaimana cara menghitung volume cut & fill apabila saya memiliki site plan?Saya juga tidak mengerti site plan tersebut dibuat pada autocad atau di land desktop?Tolong dong, kasih tau bila ada panduan lengkap land desktop (bahasa Indonesia). Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • @Tian
      Untuk import point baca lagi Tutorial Mengimport Points
      Cara menghitung Volume dan membuat kontur juga telah dijelaskan di postingan2 disini
      Site plan bisa saja dibuat di AutoCAD maupun LD. Jika telah memiliki Ld, langsung saja buat menggunakan LD, biar ngga usah import lagi site plannya dari AutoCAD ke LD.

  57. pak.tolong beri tau kursus di jakarta selatan tentang land desktop.sama enggak sih pak dengan land mappingatau land development tak tunggu pak jawabannya

    • @budi
      Land Mapping dan Land Development pada dasarnya sama dengan Land Desktop, namun Land Desktop merupakan versi yang telah disempurnakan dan lebih lengkap. begitu.

      Mengenai kursus saya belum mendapatkan informasi tentang itu, mungkin teman2 disini ada yang bisa membantu?

  58. Mas..saya udah lama pakai Autocad tapi untuk LD saya blm pernah, saya mau tanya?
    1. untuk impor data dari exel (Theodolit) bisa ngak kayak software Surfer/micromine,gimana caranya?
    2. impor data dari GPS (colorado 300i) gimana caranya?
    3. saya skr pakai LD 2009 apa masih ada software bantuannya?
    4. thanks

    • @RLL
      1. Untuk mengimport point dari Excel, ikuti saja Tutorial Mengimport Point
      2. Data dari GPS pun bisa, ikuti tutorial diatas
      3. Untuk importing point, bikin kontur cukup pakai LD saja. Akan lebih baik bila anda memiliki Autodesk Survey dan Autodesk Civil untuk mendukung proses2 lanjutannya.
      4. you’re welcome :)

  59. Trimakasih pak,blognya sangat membantu pekerjaan saya..

    Terus berkreasi…
    S’moga Tuhan melindungi Bapak beserta keluarga..

  60. Mas Hendri mohon informasi nich

    1. Apakah keluaran terbaru land desktop ??

    2. Apakah kemampuan Land Desktop dan Civil3D di versi terbaru masih terpisah ato sudah dijadikan satu menjadi Civil3D 2009?

    3. Sebernarnya Basic Dasar apa yang membedakan Land Desktop dan Civil3D mas??

    Terima Kasih Mas

    • @byuwono
      1. Apakah keluaran terbaru land desktop ??
      AutoCAD Land Desktop 2009 merupakan rilis terakhir Land Desktop.

      2. Apakah kemampuan Land Desktop dan Civil3D di versi terbaru masih terpisah ato sudah dijadikan satu menjadi Civil3D 2009?
      Pada rilis versi 2009, LD dan Civil 3D masih merupakan software terpisah.

      3. Sebernarnya Basic Dasar apa yang membedakan Land Desktop dan Civil3D mas??
      Civil3D memiliki semua fungsi yang dipunyai Land Desktop. Menu yang ada pun hampir identik. Namun dengan beberapa tampilan menu yang berbeda. Misal saja untuk user interface, di Civil3D kita akan menemukan Civil 3D Toolspace window, yang ngga ditemukan di LD.

      Pada toolbar LD Complete kita akan melihat menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Draw, Dimension, Modify, Map, Projects, Points, Lines/Curves, Alignments, Parcels, Labels, Terrain, Inquiry, Utilities, Window, Help. sedangkan pada civil 3D complete akan kita temukan menu File, Edit, View, Insert, General, Lines/Curves, Points, Surfaces, Parcels, Grading, Alignments, Profiles, Corridors, Sections, Pipes, Survey, Map, Express, Window, Help.

      Secara keseluruhan Civil3D merupakan LD yang disempurnakan..

      Demikian pak yuwono. Bapak sendiri menggunakan apa saat ini?

      • Yth mas handri

        Makasih mas komentarnya

        1.saya pake land desk 2000i dan civil3d 2000i mas,

        2. saya nyoba pake land 2007, tp tampilannya 180 berbeda dari 2000i
        tapi untuk land 2009 kok tampilan 2009 kembali seperti 2000i ya mas?

        apa benar?, sya belum pernah pake yang 2009

        makasih

      • @byuwono
        humm… jujur saya belom menginstall Land Desktop 2009 ke komputer saya. jadi ngga bisa komentar untuk ini. hehehe..

        Tapi menurut saya, pakai saja software yang paling familiar dan mudah dipelajari dan yang paling bermanfaat maksimal untuk mendukung pekerjaan bapak. Beberapa rekan saya sendiri misalnya masih menggunakan yang versi 2004 dan 2005. padahal sudah ada 2006, 2007 bahkan 2009.

  61. Gimana sih cara copy/import coordinate yang ada di LD ke autocad

    • @arifin
      export saja file LD anda ke AutoCAD. menu File –> Export to AutoCAD –> 2004 format. misalnya. dan bukalah file anda disana. otomatis semua entiti di LD tercopy ke autoCAD. termasuk koordinat yang anda inginkan.

      Maksudnya begitu bukan?

      • Makasih, ya seperti itu. karena klu kita dari LDD dicopy dan di paste original coordinate di AUTOCAD dia tidak mau.

      • Satu lagi mas hendri, kalau import point di LDD kenapa nomor pointnya gak sama antara di data point (file *.txt) dengan yg keluar dari LDD. mohon pencerahan. makasih

      • @arifin
        mungkin ini yang terjadi:

        Ingat ngga, pada saat import point ada pertanyaan di COGO Database Import Options window seperti ini ‘What to do when the point number already exists in the point database?’. Secara default LD memilihkan ‘Renumber‘.

        Nah, Renumber inilah yang kemudian mengubah urutan point yang anda import.

        Misal ada dua set data. Set pertama berisi 100 point. Set kedua berisi 150 point.

        Jika Set pertama telah di import, maka point2 tersebut akan bernomer 1 sampai 100. Jika kemudian kita mengimport Set kedua, maka point pertama dalam set data tersebut akan dimulai dengan nomor 101, bukan 1. Kenapa? karena nomer urut 1 sudah ada dalam databasenya LD.. dari set pertama tadi.Sehingga set kedua tadi meski di file Txt, point2nya bernomor 1-150, namun saat import ke LD akan bernomer 101-250.

        Gitu pak..

      • thanks pak, gimana supaya setiap import point nomornya biar selalu sama dengan datanya

      • @arifin
        Kalo maksa dengan ‘Merge’ atau ‘Overwrite’ resikonya kita bakal kehilangan point. Satu2nya cara adalah dengan membuat nomor point yang berurut dan tidak tumpang tindih.

  62. mau tanya mas…
    1.ketika saya akan mencetak gambar di komputer lain tidak ada program LD hnya CAD saja kenapa kontur label yang saya buat tidak muncul? bagaimana mengatasinya?
    2.bila kita menginginkan/ memindah nilai (Point) kontur lewat LD bagaimana crnya?
    misal data elevasi 0 itu di jalan terus kita inginkan elevasi 0 itu di sungai tanpa merubah data satu persatu.
    terima kasih..

    • @bayu
      1. Di export dulu file LD anda ke dalam format AutoCAD. masuk menu File –> Export to AutoCAD –> 2004 format. kasih nama, save, lalu baru bisa dibuka di AutoCAD secara normal.
      2. Maaf bisa dijelasin lagi mengubah pointnya yang gimana? apakah mengubah properties point? seperti koordinat dan elevasinya gitu? kalo untuk itu, klik kanan saja pada point yang akan diubah lalu pilih Edit Points.
      Disitu anda bisa mengubah point Number, koordinat northing easting, elevasi serta description tiap point.

  63. ass wr wb
    salam kenal mas, kalo buku autocad LD 2005 yang udah bahasa indonesiaad gak . kalo ad minta data pengarang dan penerbitny. trims

    • @onojack
      waalaikum salam mas jack, sejauh ini saya belom pernah nemu buku yang mas maksud. beberapa tutorial bahasa inggris dalam bentuk pdf diantaranya saya temukan di pdf-search-engine dot com.

    • @onojack
      waalaikumsalam mas jack, maaf sejauh ini saya belom pernah menemukan buku yang mas maksud. beberapa tutorial bahasa inggris dalam bentuk pdf saya temukan di pdf-search-engine dot com. boleh coba..

  64. pak bs minta tutorial LDD 2006

  65. mas gimana pengaturan sheet manager seputar plan view dan profil nya? saya masukkan layout series, terus skala plan dan profil tapi hanya sebagian dari gambar saja yang ditampilakn. saya coba menambah layout dengan insert layout secara manual tapi kemudian tampilan profil gak sesuai dengan plan vienya??? gimana ya???

    • @ Umbar
      Sheet manager untuk keperluan Plotting itu ya? Pengaturannya adalah dengan perintah di command prompt: ‘sheetset’. Anda bisa menentukan layout2 standar untuk masing2 set drawing. Kalo drawing yang dimasukkan ternyata ngga utuh berarti ada yang salah di layoutnya.
      Namun mas umbar, saya jarang sekali menggunakan Sheet Set Manager karena kerumitannya itu. Jika agak repot di LD untuk plotting, saya biasa mengexport filenya ke AutoCAD. Disitu saya bisa dengan leluasa mendetail layout untuk Plan view, profil dsb tanpa mengubah data di LD.
      Dan untuk training, saya balas via email ok?

  66. marlan setiawan

    mas,..slm kenal dulu dech..
    saya trtarik sekali dengan paparan yang mas tulis tentang tutorial lad daesktop.
    pertanyaannya :
    Bisa gak mas kirim tutorial lengkap yang jelas tntang cara pengoperasian autodesk land desktop trsebutke email saya?..soalnya saya butuh banget ingin mempelajari land desktop karena selama ini saya hanya mampu mengoperasikan autocad 2D dan 3D saja itupun hanya sampai tingkat Render saja ya kira2 90% lah tidak sampai tingkat mahir 100%.
    makasih ya mas atas atensinya membaca email saya ..

  67. mas Hen, saya juga minat belajar dong tutorialnya. kalo boleh diemail ke mundasayang@yahoo.com.

    makasih mas Hen.
    salam

  68. pak.dimana yah kursus land development.soalnya jarang.pak boleh enggak minta contoh training LDnya.selain diblog bapak.Terima-Kasih

  69. Proses data pake LDD tidak akurat apalagi untuk Volume… langkah2 nya terlalu jlimet, dan terlalu banyak file sampah di hardisk kita. kalo mau lebih mantap proses data conturing atau volume dan design tambang / cut & fill khususnya, coba pake SurvCADD XML Release 2 (dijalan kan oleh Autocad Map versi 2000 – 2004)
    menu nya lebih lengkap untuk membuat design dll. untuk lebih jelas nya silakan lihat di website http://www.carlson.com
    dijamin gak ribet dari pada LDD dan lebih mudah di mengerti..

  70. Mas,klo buat nampilin versi lengkapnya LDD gmn?
    Soalnya mau tak buat ngitung volume cut and fill.
    Kontur sudah terbentuk,tinggal ngeset trase alinyemen vertikal maupun horizontal.mau saya aplikasikan pada pembuatan jalan raya.Makasih sebelumnya .van_jongost@yahoo.co.id

  71. mas hendri… ada penjelasan mengenai water shed gk y?

  72. mas aku baru belajar landdesktop,tolong email panduan komplitnya ya mas,matur nuwun banget bantuannya

  73. Salam kenal…
    Sy arul,br mau bljar tp blm pnya software nya,bapak punya link gratisan nya gak buat autocad land dekstop nya?soalnya kalo byar sy ga ngrti sistm nya,lgian buat dipake perorangan aj.
    Makash.

  74. Salam kenal mZZ Hendrii

    Saya mau nanya di LDD kan sub project untuk survey (survcadd) nah ada toturial tentang perhitungan traverse/Loop (koreksi poligon)

    thank’s
    edi purnomo
    edipblits@yahoo.com

    • @ edi purnomo
      umm, tapi Setau saya di LD ngga ada fungsi untuk perhitungan perataan traverse/poligon deh mas? betul ngga? mungkin aplikasi tersebut ada di software lain yang mirip?

  75. saya baru belajar jadi informasi dari mas Hendri sangat bermanfaat.and kalau ada buku-buku tentang land development mohon info beserta harga.

    • @ jemmy
      saya pernah lihat buku tentang Land Desktop di sebuah toko buku besar. harganya sekitar 50-60 ribuan. tapi saya lupa pengarang dan penerbitnya. coba aja cek di kota anda. dan.. selamat belajar.

  76. mas hendri mo bantu jawab buat mas arifin boleh gak……??

    kalo pengen nomor point sama dengan data coba aja kalo name projectnya diubah, jangan numpuk di project land desktop…….

  77. salam kenal mas…..saya solekan ri balikpapan.gini mas,saya mau nanya…..bagaimana cara membuat potongan-potongan dalam LDD 2004 .yang pake tampilan 3D .yang dapat memunculkan garis eksisting yang di bandingkan dengan garis rencana.sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena saya bisa gabung dalam webnya.mas hendri.

    • @solekan
      coba masuk ke tutorial mengenai membuat long dan cross section deh. saya sudah jelaskan di bagian tersebut untuk membuat potongan2 memanjang maupun melintang.
      Thxs sebelumnya :)

  78. mas Hen… Tolong dong kalau ada Soft copy tutorial LDD kita sangat minat nih !!! terus kalau dalam bentuk pdf. bisa e-mail kealamat saya : zainrifian@yahoo.co.id

  79. MAS BISA KAH ALD EKSPORT KE ARCVIEW ATAU SEBALIKNYA

    • @Ikhlas K
      bisa pak, Arcview mengenal format DWG kan? Dari Land Desktop anda tinggal mengeksportnya dengan mengklik menu File –> Export to AutoCAD –> 2000 format atau 2004 format. (Saya sarankan pake yang ‘2000 format‘)
      Kasih nama file export tersebut. Maka anda bisa membuka filenya di Arcview maupun Autocad biasa.

      Pun dengan sebaliknya, data Arcview anda simpanlah dalam bentuk DWG, maka data tersebut bisa dibaca di Land Desktop. selamat mencoba.. :)

  80. kalouda ada data ukur cara masukinnya ke LAnd Gmn???????????

  81. mas,,, saya mau nanya soal superelevasi….. bagai mana mengeluarkan tabel atau diagram superelevasi…………….. kalo mas bisa…. berarti memang master. makasih…

  82. mas, kalo bisa dikirim keemail saya ya….. ddjak_12@yahoo.com

  83. ada gak gambar pembuatan jalan yg sudah jadi,
    sebagai contoh..
    kalau ada tolong dikirim kealamt email saya ” lucunacinto@yahoo.co.id

  84. maaf mas hendri… cuma numpang info saja.
    Bagi yang butuh training Land Desktop / LDD.. coba di neosia saja di jakarta. Tapi di websitenya bilang mereka bisa datang ke kota2 juga kok. coba cek http://www.neosiatc.com
    Denger2 sih ada sertifikasi internasional nya juga dari autodesk.

    trimakasih mas.

  85. salam kenal mas hendri yang wibowo
    keren abis mas tutorialnya
    bagiku untuk sementara tutorialnya udah mencukupi walaupun aku masih harus modifikasi sendiri lagi untuk tahap2 selanjutnya… thanks berat mas
    trus dilengkapi ya mas tutorialnya…

  86. pak hendriwibowo
    gimana caranya memasukkan toolbars profile dan cross section ke LDT karena toolbar profile dan cross section ada di Civil 3d bukan di LDT
    trus setting sheet manager gimana caranya pak untuk layout print plan dan long profile

  87. Raiz Dwi ariyanto

    Maz saya mau tanya, saya baru saja menginstal sofeware Autocad Land Desktop 2009. Ternyata tampilannyasangat berbeda dg Autocad sebelumnya. Jadi begini maz, dalam Autocad Land Desktop kan pasti ada menu nya. Tapi setelah saya buka menu dan icon2 nya kok hilang semuanya ya maz..!!
    caranya nampilin menu dan icon2 tersebut gimana ya maz…??
    mohon bantuannya ya maz…
    terima kasih sebelumnya….

    Raiz

    • @Raiz
      Coba buka menu Projects –> Menu Palletes terus pilih yang Land Desktop Complete
      Kalo icon2 toolnya, coba klik kanan di toolbar yang kosong, nanti ada dropdown menu ACAD, ACMAP, CUSTOM dan LAND. lalu pilih menu2 yang sesuai dengan keperluan anda.

  88. maaf maz, kalau pas saya klik di toolbar yang kosong malah ketemunya untuk close saja. Kemaren pernah kepencet apa gitu sehingga icon2nya hilang semua, saya juga coba klik kanan toolbar yang kosong tetapi tidak muncul dropdown menu ACAD, ACMAP, CUSTOM dan LAND. Truz saya mesti gimana maz biar bisa…??

    • @Raiz
      bisa buka file drawing ngga? apa aja. kalo gada icon ‘open’, pake command line. Ketik ‘open’ terus enter. ambil file apa aja. lalu kalo bisa, masuk ke menu Tools –> Customize –> Menus. disitu ada pilihan untuk load menu groups.
      Browse ke file bernama acad.mnc, acmap.mnc dan custom.mnc (kalo di Ld 2005 ada di folder support). Trus di load.

  89. salam kenal mas bowo..

    Mau tanya, saya download land desktop 2007 dari rapid library (mau belajar tuh)…setelah file. rar diekstrak diminta passwordnya…minta bantu apa passwordnya yaa..soalnya kucari di rapid library gak ketemu….makasih ya mas.

  90. saya baru membaca blog bapak, dan saya sangat tertarik dengan ulasan bapak, apalagi mengenai land dekstop 2005. terus terang saya sangat awam dalam program ini. maaf, apakah saya bisa mendapatkan tutorial yang lengkap, dan bagaimana cara saya bisa mendapatkannya. trimakasih atas perhatian bapak.

  91. assalamiakum. masss mau tanya nihhh bagaimana cara ngitung volume dengan area yang sudah di grading trus dalam area grading kita cut. nah bisa nggak volumenya dengan hasil grading yang sudah di kurangi grading (cut) didalamnyaaa

  92. assalam. mas adik kelas nii numpang tanya soal gradinggg..

    kalo misalnya nya kita grading suatu area lapangan trus di dalamnya kita grading tambahan sebuah cekungan, cara mencari volume yang hasilnya langsung area lapangan dikurangi sekungan di di dalamnya gimana ya masss..

    kok saya coba hasil volumenya tetep, jadi manual, volume lapangan dikurangi volume cekungan. gituuu…

    maunya langsung ketemu total volume..

    thanks mass hendriiii

  93. mf pak Mau klu mau kursus untuk program Ld 200i dimana trims

  94. salam sejahterea …
    gimana cara mgeluarin cut and fill di autocad LD….TRIMS

  95. salam kenal mas henri…..
    saya sangat tertarik dengan blog anda, dan berminat sekali mempelajari LD 2005 ini. mohon bantuan tutorial lengkapnya ya mas. trims.

  96. mas ana mo nanya kenapa ldd ana ,sejak awal februari ngga bisa import point kenapa ya…..thanks

    • @asepsyahril
      coba cek:
      1. Data awalnya yang dari excel. udah tepatkah peletakan PENZDnya? lalu savingnya coba dengan beberapa format *csv, atau *txt (tab delimited)
      2. coba lagi import point, dengan format import yang disesuaikan dengan savingan data anda. kan ada beberapa format import tuh, coba aja yang paling sesuai.
      3. kalo masih ngga bisa, coba di LD PC lain apakah dengan format file anda memungkinkan import point. Kalo bisa berarti ada masalah dengan LD anda, install ulang mungkin jalan terakhir yang bisa anda tempuh.

  97. Kita akan mencoba dengan melakukan pilihan yang disediakan secara default oleh software, dari daftar Categories pilih UTM, NAD83 Datum, dan dari daftar koordinat system pilihl UTM with NAD 83 Datum, Zone 11,Meter; Central Meridian 117d W. (ini adalah zona indonesia bagian barat)
    Yang saya tanyakan :
    1. Datum dan Zona untuk kab. banggai (sulteng) yang mana mas hen??
    2. tolong kirimkan ling download sofware civil design.

    • @ gusti
      1. Dengan menggunakan datum WGS 84, Kabupaten Banggai Sulteng berada di UTM zone 51, dengan central meridian 123 Derajat BT. dan karena letaknya di selatan Equator, maka dia posisinya South zone. di LD diidentifikasi sebagai “UTM-WGS 1984 datum, Zone 51 south, Meter; Cent Meridian 123d E
      2. temen2 yg lain ada yg bisa bantu…?

  98. pak boleh G’ nih kalau saya minta tutorial mulai dari mengimport data dari exel, membuat kontur sampai membuat gambar 3dimensinya. Thank’s.

  99. Saya mau kursus LDD, tp saya tinggal di Surabaya, siapa yg dpt saya hubungi, mohon bantuannya!!!

  100. saya mau belajar LDD, mohon bantuannya!! siapa yg dapat saya hubungi. Saya tinggal di surabaya.

  101. Mohon bantuannya, saya sudah install Landdesktop 2009, cuman civil designnya tdk muncul menu profile…harap bantuanya. Pak Hendri…please

    • @Ramis
      Coba ganti workspacenya ke ‘Civil Design’ untuk membuka menu2 yang anda inginkan. Disitu seharusnya ada beberapa pilihan wordspace: Land Desktop, Civil Design, Survey, Map.

  102. Mas hendri. kalo di autocad land development 2000i. gimana bikin cross dan long section nya ya. untuk perencanaan jalan raya. saya lagi belajar ni mas. trims bantuannya.

  103. mas, saya baru belajar menggunakan CAD ini.. untuk keperluan penetapan batas.. yg mw saya tanyakan :
    kenapa saat saya bikin project dg setting datum/proyeksi wgs 84 mercator, lalu saya insert image peta selalu terjadi eror dg tulisan “FATAL ERROR.. bla..bla..bla..” lalu kemudian CAD nya nge closed sendiri.. itu disebabkan krn apa ya?
    mohon bantuannya… terima kasih.. sy pk LDD 2007

    • @dika
      1. mungkin ukuran raster image yang mau di insertnya terlalu besar? ukuran > 500MB? coba perkecil ukuran filenya.
      2. Coba insert sebuah gambar ukuran kecil < 50 kb, gambar wallpaper misalnya. apakah fatal Error juga terjadi saat proses itu? jika ya, mungkin ada masalah dengan CAD anda.

  104. Tolong dong kalau ada buku tutorial LDD kita sangat minat nih !!! terus kalau dalam bentuk pdf. bisa e-mail kealamat saya : sanoigeea@yahoo.com

  105. Salam sejahtera… saya baru belajar mengunakan LD ini. Info ini sgt berguna. terima kasih encik hendri. kalau encik tidak keberatan harap dapat encik hendri berkongsi lebih lagi mengenai LD ini seperti cara untuk memasukkan data ukur, editting dan sebagainya. terima kasih.

  106. ass wr wb.
    saya biasa menggunakan softdesk, sekarang saya berminat menggunakn LD, mohon bantuan tutorialnya.
    terima kasih.
    wass
    badru05@yahoo.com

  107. ass,,,salam kenal mas,,,
    mo nanya nih mas,,,saya sdh install LD 09,,,tapi pas si workspace civil designnya kok menu profile n cross sectionnya g kluar,,,tu napa yah mas???

    trus gmn caranya membuat diagram superelevasinya???

    skalian klo berkenan saya blh minta kirimin tutorial2 LD k email saya mas???,,,
    makasih banyak mas,,,moga bertambah pahalanya,,,sory ngerepotin,,,hehe,,,thanks…

  108. Selama ini say pikir LDD cuma untuk aplikasi jalan,…Apakah bisa LDD di aplikasikan seperti pertambangan batubara ( seperti program minescape) ? Seperti data singkapan batubara, cadangan batubara

    • @natha
      bisa aja pak. salah satunya yang bisa dipake adalah aplikasi perhitungan volume. lumayan, meskipun ga se perfect minescape atau software tambang lain yang memang peruntukannya di bidang pertambangan.

  109. Salam kenal mas, saya baru belajar ALD, ajari saya mas tentang ALD

  110. Nurdin Pawelloi

    mas, sy mau bikin tikungan dgn S-C-S, sy pake perinyah create spiral – tangen-tangen,
    lalu sy masukan nilai R, kemudian nilai spiran in dan nilai spiral out, tetapi setelah curvenya tampil nilai spiralnya tdk sm dg nilai spiral yang sy input , cara yang betul gimana mas, tolong ding..

  111. Ass. Saya Mau tanya mas?
    Bagaimana Caranya mengeluarkan gambar super elevasinya secara otomatis?
    Bagaimana carax mengeluarkan grid X-Y secara otomatis?
    Terimakasih ya mas.

  112. fauzulmiyati rahim

    saya sudah ikuti langkah-langkah membuat project dengan LD, cuma saat import point selesai muncul kotak dialog yang mengatakan “there were no data transvered from source’ kira-kira seperti itu.

    berkali2 sudah saya coba ulang terus, dan perbaiki data- data pengukuran di excel tp hasilnya selalu sama.

    kira-kira masalahnya di mana ya mas? tolong infonya dan kalo tutorial lengkapnya bisa tidak dikirim ke email saya
    fsyul_rahim@yahoo.com

    terima kasih atas bantuannya….

  113. aslmkm pak hendri
    sy msh beginner bget dlm ld, mlh sy br denger ttg ld. kalo sy blh tw, land desktop itu fungsi ny bwt apa aja ya pak?trs data2 apa aja yg d butuhkan dlm ld pak?
    terima kasih byk pak..

    • @Anetsu
      Land Desktop basisnya adalah Autocad. Dalam hal ini biasa digunakan untuk mengolah data survey lapangan yang berupa data X, Y dan Z. Dari pengolahan data lapangan tersebut bisa digambarkan kontur, menghitung volume, membuat long dan cross section dan mendesain layout. kurang lebih seperti itu pak.

  114. Asslmlkm Pak hendri
    Saya mau tanya saya punya gambar bakosurtanal dalam bentuk Dwg. Gimana caranya point2 elevasi di bako dapat diimport ke land desktop sehingga dapat membuat contour sendiri di landdesktop sesuai dengan keinginan

    • @tatang Taryana
      Walaikumsalam pak. Point2 elevasi di Peta Bakosurtanal biasanya tidak rapat kan pak? saran saya daripada mendigit point2 elevasi peta tersebut untuk memperoleh kontur, lebih baik bapak membeli peta versi digitalnya saja. Minta disertakan layer kontur.

  115. Slm Kenal Mas Hendri,
    Mas, Aku baru Mulai belajar AutoCad LD ni, punya tutorial yang lengkap nggak mas. Kalo ada, Tolong Kirim di Emailku ya..
    yangka_gessa@yahoo.com

    Makasih…

  116. salam kenal mas

    saya baru mulai latihan autocad ldd 2009, msaih bingung dengan cara membuat titik koordinat dari exel (x,y,z) mohon bantuan… nuwun

    imel saya walik_waterpool@yahoo.com

  117. satu lagi…

    apakan ald 2009 bisa digunakan untuk 3d modeling?

  118. salam kena…
    pak dimana sy bisa download LDD ?
    mksh seblumnya…

  119. salam kenal mas sebelumnya,,
    langsung to the point aja mas
    penampilan poin diLD kan hanya ada ket nomor, elev sama keterangan ya mas
    kalo kita ngin menampilkan titik kordinatnya (X&Y) caranya gimana ya mas
    makasih mas

    • @ibrahim
      bisa pak. untuk menampilkan keterangan northing/easting bisa menggunakan cara berikut:
      1. klik menu Labels –> Label North/East
      2. klik point yang akan ditampilkan label koordinatnya
      3. klik insertion point, klik saja titik tadi
      4. lalu enter
      5. jika labelnya kurang besar atau terlalu kecil bisa di setting di setting labelnya.

  120. asss mas hen,,
    mas,bisa gk LDD bikin superelevasi otomatis??

  121. ass mas henn,,
    sorry balik nax lagi mas??blekann?
    mas hen,sy poenya temen krjax di konsultan.katax dia kalo mo bkin diagram superelevasi makex Autolisp.apa sii itu autolisp?

    • @opan
      autolisp itu semacem program add-on tambahan untuk keperluan tertentu yang menggunakan bahasa pemrograman lisp. bisa dicek di wikipedia pak. menggunakan autolisp kita bisa membuat program autocad dalam bahasa indonesia.

  122. mas mau tanya ni…..,
    kalo untuk wilayah bagian timur misalnya papua barat , zone nya apa dan daftar koordinat systemnya pilih apa?…tks

  123. mas mau tanya ni…..,
    kalo untuk wilayah bagian timur misalnya papua barat , zone nya apa dan daftar koordinat systemnya pilih apa?…tks

  124. salam knal mas,
    mas bs minta tutorial lengkap bahasa indonesia,soalnya saya membutuhan cara untuk mengoprasikannya utk pek. cut and fill juga mengetahui koordinat2nya..juga untuk pek. jalan utk buat situasi,long section,cross section karena untuk dbuat melalui autocad 2010 bukan land dekstop sepertinya agk lama krna inputnya manual…surveyor sya jg bisanya manual,mohon bantuan dan dpt diemailkan ke almt sya,
    terima kasih

  125. daftar Categories pilih UTM, NAD83 Datum, dan dari daftar koordinat system pilihl UTM with NAD 83 Datum, Zone 11,Meter; Central Meridian 117d W. (ini adalah zona indonesia bagian barat)
    apakah data diatas bisa digunakan untuk daerah kalmantan,banjarmasin kususnya…ada pengaruh ga ketika saya input area diatas smntara gambar situasi saya sudah jadi dengan sy masukkan dftar diatas,
    jika memang tdk bisa misalnya,bgmna cra penyesuainnya agar klop dengan daerah sya…misal dicek mll GPS
    terima kasih mas,

    • @ade
      pengecekan dengan GPS untuk daerah banjarmasin adalah berdasarkan kepada UTM dengan WGS84 zone 50 south. central meridiannya sudah benar 117w. jika sudah terlanjur, re-zone project anda dengan mengubah zonenya dari nad83 zone 11 ke WGS84 zone 50 south.

      mengenai tutorial, semua sudah saya sediakan di blog ini, diikuti saja.

  126. slm knl mas hendry….
    sy mw tx….
    saya sering menginstall land desktop(2006, dll) juga civil designnya. tp setelah itu tool cross section di civil designnya g’ muncul” jg….
    apakah ada yg krng dlm penginstalan sy atau bgmn???
    tolong bg infox(dgn contoh land desktop 2006 aja)
    trims yg banyak!!!!!!!!! :)

  127. asslkm ,salam kenal pak, saya mahasiswa siipil UNHAS jg tertarik sm land desktop,..bs bgi tutorial yg lengkap pak ? krn bukunya agak susah .mohon pak tuorial lengkapnya,..skrng sy pake yg civil 3d land desktop 2009

  128. salam kenal bang!!!
    makasih tutor ald nya.mudah2an nambah ilmunya…amin

  129. patennn bang..ada lagi tutor yg ngebahas fungsi2 toolbar yg ada di ALD

  130. Trims tutornya… ane bisa minta tutorial lengkap bahasa indonesia nya mas

  131. ass..boz..sy pengen ada contoh kasus/soal mengenai penggabungan antara existing dengan actual plan dalam pembuatan cross section dan long section…thanks…kirim via email yah

  132. alo mas, mo minta tutorial untuk autodesk survey da gk mas???

    thx.

  133. @sadri, azis dan Kelmindo

    selamat mencoba dan cari sendiri ya. have a nice day :D

  134. pagi gan..

    gw mau tanya nih, kalau misal tulisan AUTODESK EDUCATIONAL PRODUCT diganti menjadi nama gw sendiri gimana…

    bisa atau tidak..??

    1 lagi agan, saya pernah dapat layout yang ancur. dalam arti itu gambar dah diexplode. tapi anehnya tuh tulisan, garis berubah menjadi beberapa line.. pokoknya kalau qta biasa explode kan cuma jadi 3 base points, ini gak bisa menjadi 20 basepoints..

    gimana caranya ya gan.??

  135. Salam Kenal Pak,
    Nama saya Nico…Saya sedang melakukan comparing software pendukung survey work. Saat ini references yg saya punya adalah surfer dan land desktop. Mohon saya di bantu untuk pilihan yang sudah mencukupi menurut pak Hendri. Kepinginnya sih cukup untuk mengimpor points (kontur) hasil survey dengan TS untuk mendapatkan visual drawing (2D dan 3D), lalu bisa liat section view-nya, calculating cut & fill volume (according to required elevation line. Sedikit ulasan mengenai software2 tsb dari pak Hendri akan berguna sekali buat saya…Trimakasih pak..

  136. @nico
    land desktop menurut saya jauh lebih mumpuni untuk proses2 mendetail seperti yang anda maksud dibandingkan surfer. surfer sendiri (versi 8 yang saya punya terakhir) cenderung lebih hanya dipergunakan untuk visualisasi 3D saja tanpa memiliki fungsi perhitungan cut n fill. kelebihan surfer adalah pada kapasitas memori yang kecil. sehingga tidak makan terlalu banyak space di harddisk. kecil, mudah dan simpel.

    Mengkomparasikan hasil kontur surfer dengan land desktop sah-sah saja. Jika untuk metode contouring yang sama (misal nearest neighbor) hasil konturnya berbeda, mungkin kedua software tersebut menggunakan metoda yang sedikit berbeda. dan hal ini bisa digunakan untuk studi lebih lanjut. silahkan..

  137. @firman
    contour itu kalo di explode memang jadi line. gambar jadi rusak. mending klo punya kontur, buka aja di land desktop. lalu export ke format autocad 200 atau autocad 2004 (bisa dwg ataw dxf). buka file hasil export tadi di cad biasa. dengan begitu konturnya ga akan rusak.

  138. Trims pak..mudah2an blog ini bisa menjadi support bagi teman2 untuk sharing ilmu pemetaan di Indonesia khususnya dan di seluruh dunia umumnya (waaa…semoga ya pak) ok wish u all the best…

  139. salam kenal mas Hendri,
    mas kalo bisa saya dikirimin tutorial LDT 2009 yang bahasa indonesia lewat alamat email saya,(aremamia17@yahoo.com) coz saya juga ingin belajar banyak tentang program tsb,selama ini saya kesulitan dalam pekerjaan,trims atas kesempatannya.

  140. slmat mlm om hendri,,,
    blog ny bagus nih, ilmu nya dibagi-bagi, hehehe
    saya mau nanya ini nih, saya baru belajar pakai software LDD 2009 nih, saya mau nanya, gimana cara nya bikin diagram superlelevasi tikungan ya ??? saya search2 di google tdk ada ketemu pak hendri tutorial nya, saya baca dari atas ampe kebawah blog pak hendri tdk ktmu juga, hehe sorry kpanjangan, trimakasih pak sblum nya

  141. maaf pk hendri, mohon infonya…saya membutuhkan orang untuk mengajarkan pengolahan data dari mulai transfer data dr TS sampai jd kontur dan perhitungannya, trima kasih

  142. @roni
    bisa di share saja pak di group komunitas land desktop indonesia fb:
    http://m.facebook.com/home.php?sk=group_55484386775&refid=27

  143. asslmkm wr.wb
    mas mohon petunjuk
    saya kan punya soft ware ALD 2009 tp waktu pindah ke civil design dr menu pallets na menu pada civil design na tidak ada profile dan cross section na, tolongin y mas……

  144. Aww. kenap ald 2009 nggak ada profil pada menunya? terima kasih Pak Hendriwibowo

  145. wah bgus bgt isine

  146. gan kl btuh surveyor hub aq di 081 331 375 668

  147. pa apakah land bisa d instaal d win 7

  148. salam kenal Mas henry….. saya butuh tutor civil design untuk perencanaan jalan, khususnya mengenai cross, long and cut&fill… kalau mas punya….. tolong dong, sy butuh sekali…. trims sebelumnya

  149. @iman – LD 2005 Gak kompatibel di win 7. belum tau kalo yang versi 2009 atau 2010nya
    @musafir – tidak ada mas. coba googling lagi :D

  150. Salam kenal Pak….saya mau tanya nih..dimana bisa dptkan software LD ? Saya mau belajar nih..maaf pak sekalian minta tolong tutorialnya dikirim ke email saya….seblmnya sy ucapkan terimakasih

  151. salam kenal kang hendri ……. saya baca pertanyaan dari atas sampai bawah semua nanyain tentang tutorial sebaiknya kang hendri bisa bikin selengkapnya. sebelumnya sy minta maaf kalau dah jadi kirim ke email saya.

  152. Salam Kenal mas, Saya pakai Land Desktop 2007, gimana cara munculkan tollbar profile padahal sy sudah pakai wokrspace civil design

  153. Mas,bisa nggak sharing sofware land desktop 2007nya? Ketentuan aku ikuti. Punyaku jadul kali/2003. Tolong mas.

  154. Mas,ksh aku sofware nya yg 2007 ya. Punya ku jadul kali. Ketentuan materinya ku ikuti. Tolong mas, emailku aregoesaceh8@gmail. Suwun.

  155. Salam kenal Pak Hendri,

    Pak saya mau tanya di komputer saya di install Land desktop 2006 maupun yang 2009 di workspace Civil Design nya kok ga ada menu Grading ya Pak?, gimana cara munculinnya?, makasih,di tunggu balasannya,

  156. Asep Dindin Syaefudin

    Pak Hendri ijin update grup Komunitas Land Desktop Indonesia :
    http://www.facebook.com/groups/55484386775/
    thx.

  157. nimatun khoeriyah

    toolspace prospector tab 3d civil saya kehapus,,,, gmna cara manggilnya lagi ya?mhon bantuannya pak ….

  158. irwan maulana iskandar

    salam kenal mas,
    sy irwan dikalbar mohon maaf sy baru belajar ALD tapi blum mengerti kalau bsa sy mohon dikirimkan tutorial untuk pemula mas
    trimakasih

  159. ijin copas mas… saya lagi belajar LD nih .. :D
    TX y mas….

  160. Reblogged this on Butiran Debu and commented:
    izin reblog

  161. caca sudaryanto

    salam kenal mas hendri,mas saya pakai ldd 2006 di civil desaign ga ada provilnya kenapa ya mas? jadinya saya ga bisa ngelanjutin bikin profil

  162. ada yg punya software LDD complete 2005 yg ada carlson connect nya gak??
    saya pake cuma cd nya ilang,,
    programnya simple bisa download data dari ts langsung tinggal edit field book langsung plot,,,

  163. Mas saya penguna baru LLD..yg saya mau tanyakan mas gimana cara install LD 2004 nYA?

  164. Di Makassar ada kursus Gambar Land Devlopment Tidak ? ? ?

  165. Salam kenal mas…aku msh baru bgt si belajar ld malah yg 2000i…bisakah ditambah aplikasi bawaan civil design biar bs buat gambar potongan cross ma long section…kalo bs mta copyannya diemailan ke aku …mksh bgt mas hk2000sakirun@yahoo.co.id

  166. salam kenal p hendri, saya mau tanya, cara membuat profilling dan cross section, dengan LHD 2007 saya sudah tambah tools civil design p hendri, cara membuatnya profilling dan cross section dengan aligment atau line yg sudah dtentukan dengan cara interval yang dtentukan atau secara yang saya inginkan, cara membuatnya gimana p hendri…….sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak…………..

  167. maaf pak mau nanya…saya kan masukan nilai koordinat dg meng import point di program ldd 2009 tp setelah saya klik point itu kok nilai koordinatnya nggak sama dengan nilai koordinat yg saya masukan… misal koordinat x:19532,123 Y:62387,456 nah digambar LD poin itu saya klik koordinatnya menjadi X:19532,000 Y:62387,000 padahal posisi waktu saya nge klik juga sdh pas.. itu masalahnya apa ya pak? trimakasih sebelumnya pak.

  168. @bambang
    Cek ulang saat import point nya. Cek ulang di excel nya menggunakan satuan internasional atau tidak. Titik dan koma sangat berpengaruh disitu. pastikan sebelum import bahwa tiga digit dibalakang koma koordinat anda itu menggunakan ‘.’ bukan ‘,’

  169. pa hendri.. saya tertarik dengan LD.. barangkali bapa berkenan membagi ilmu nya kepada saya… saya butuh tutorial nya pa.. yang bahasa indonesia… terima kasih…

  170. @mamang
    Sialkan pak mamang, dengan senang hati. :)

  171. Salam kenal mas…..
    Makasi bnyak mas,,atas informasi tentang tutorial LD na mas,,,
    Trasa sangat2 brmanfaat….

  172. Bagaimana cara membuat longitudinal profile pada land development 2009?

  173. salam..
    pak hendri, saya mau buka file ldd 2000i ke ldd 2009….seluruh foldernya sudah saya copy ke c:land projects 2009….tapi pas dibuka gak bisa ya pak…

  174. metode mana yg paling pas buat ngitung volume cut n fill : Grid,Composite atau Section…..
    Thanx….

  175. salam…..
    mas hendri bisa minta tolong tutor penggunaan sheet manager…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s